Nov 05

Akuntansi Manajemen Akuntansi Manajemen Akuntansi Manajemen akuntansi 1

Akuntansi Manajemen~ Didalam sebuah perusahaan tentu terdapat beberapa laporan dan informasi mengenai pengelolahan keuangan, yang nantinya akan menjadi sebuah pedoman bagi seseorang untuk menjalankan fungsinya sebagai seorang pengolah keuangan.

Laporan dan informasi mengenai keuangan disebut dengan akuntansi, sedangkan seseorang yang mengelolah keuangan tersebut disebut dengan manajer keuangan. Yah keduanya sangat dibutuhkan dalam kegiatan yang berhubungan dengan keuangan.

Didalam sebuah perusahaan tentu terdapat beberapa laporan dan informasi mengenai pengelolahan keuangan, yang nantinya akan menjadi sebuah pedoman bagi seseorang untuk menjalankan fungsinya sebagai seorang pengolah keuangan.

Laporan dan informasi mengenai keuangan disebut dengan akuntansi, sedangkan seseorang yang mengelolah keuangan tersebut disebut dengan manajer keuangan. Yah keduanya sangat dibutuhkan dalam kegiatan yang berhubungan dengan keuangan.

Secara universal akuntansi merupakan sebuah laporan keuangan perusahaan yang diberikan kepada pihak-pihak yang membutuhkannya dengan tujuan mengentahui kondisi dari perusahaan tersebut.

Sedangkan manajemen sendiri suatu kegiaatan me-manage yang berbentuk suatu pengelolahan mengatur, dan mengendalikan ebuah kegiatan yang dilakuakn dengan kespakatan atau kerjasama antara pihak satu dnegan pihak yang lainya dengan tujuan untuk mencapai suatu target yang ditentukan.

Dari pengertian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa akuntansi manajemen ialah suatu kegiatan me-manage dengan tujuan menghasilkan informasi keuangan yang diperuntukkan bagi-bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

Akuntansi manajemen merupakan penggabungan dari penyajian, dan enafsiran informasi yang digunakan sebagai pedoman atau perumusan strategi, aktivitas perencanaan dan pengendalian, pembuatan keputusan tertentu, sebagai optimalisasikan pengguanaan sumber daya.

Di dalam akuntansi manajemen terdapat sistem akutansi manajemen. Sistem akuntansi manjemen adalah sistem informasi yang menghasilkan kesimpulan tertentu dengan menggunakan data yang ada dan prosesnya bertujuan untuk memenuhi hasil akhir tertentu dari suatu manjemen.

Proses-proses yang dimaksud di dalam sistem akuntansi manjemen ialah segala kegiatan yang berbentuk pengumpulan, pengukuran, penyimpanan, analisis, pelaporan, dan pengelolahan informasi. Sedangkan output yang dihasilakan  berupa informasi laporan khusus, harga produk, biaya penganggaran, anggaran, laporan kinerja karyawan, dan komunikasi personal.

Fungsi dari hasil informasi yang sudah ada di dalam manajemen ada beberapa hal yang bisa di rumuskan yaitu :

  1. Merumuskan strategi.
  2. Proses perencanaan dan pengendalian.
  3. Pengambilan keputusan.
  4. Optimalisasi keputusan.
  5. Pengungkapan pemegang saham dan pihak luar.
  6. Pengungkapan entitas organisasi bagi karyawan.
  7. Perlindungan atas asset organisasi.

Akuntansi manajemen adalah suatu sistem akuntansi yang berkaitan dengan segala ketentuan dan penggunaan informasi akuntansi untuk manajer atau manjemen dalam suatu organisasi serta untuk memberikan dasar kepada manajemen untuk membuat keputusan bisnis yang akan memungkinkan manajemen akan lebih siap dalam pengelolaan dan melakukan fungsi kontrol.

Ada beberapa alasan mengapa sistem akuntansi manajemen digunakan dalam perusahaan, salah satunya ialah karena informasi akuntansi manajemen digunakan dalam sebuah organisasi, biasanya untuk pengambilan keputusan, maka Informasi Akuntansi Manajemen menpunyai ciri sebagai berikut:

  1. Dirancang dan dimaksukan untuk digunakan oleh pihak manajemen internal organisasi sedangkan informasi Akuntansi keuangan dimaksudkan dan dirancang untuk pihak eksternal seperti kreditur dan para pemegang saham;
  2. Biasanya rahasia dan digunakan oleh pihak manajemen dan bukan untuk laporan publik;
  3. Memandang ke depan, bukan sejarah;
  4. Dihitung dengan mengacu pada kebutuhan manajer dan sering kali menggunakan sistem informasi manajemen, bukan mengacu pada standar akuntansi keuangan.

Demikian artikel yang membahas mengenai Akuntansi Manajemen, Fungsi Akuntansi Manajemen, Sistem Akuntansi Manajemen, Ciri Informasi Akuntansi Manajemen. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagai bahan pertimbangan refrensi anda.