Aug 12

Keuangan Dalam Organisasi Fungsi Manajemen Keuangan Dalam Organisasi Fungsi Manajemen Keuangan Dalam Organisasi Manajemen Keuangan Organisasi

Keuangan Dalam Organisasi~  Manajemen keuangan merupakan suatu ilmu utama yang harus dipahami dan dimengerti ke dalam bidang yang ditekuni, sangat penting untuk memahami peranan manjemen keuangan dalam kegiatan operasi perusahaan,organiasi, ataupun kelompok.

Dalam hal ini Tesis Manajemen akan membahas seputar Fungsi manajemen keuangan dalam organisasi. Tujuan penulisan artikel ini tak lain ialah sebagai tambahan wawasan bagi pembaca.

Tujuan manajemen yang utama ialah untuk memaksimalkan setiap nilai yang didapat dari serangkaian kegiatan organisasi. Sehingga seorang manajer keuangan harus mengetahui dengan jelas dan rinci bagaimana mengelola segala unsur dan segi keuangan, karena itu merupakan salah satu fungsi penting dalam mencapai tujuan perusahan.

Di dalam sebuah manajemen keuangan terdapat fungsi-fungsi manajemen antara lain fungsi Perencanaan Keuangan, Penganggaran Keuangan, Pengelolaan Keuangan, Pencarian Keuangan, Penyimpanan Keuangan, Pengendalian Keuangan, Pemeriksaan Keuangan, Pelaporan Keuangan.

Berbicara mengenai perencanaan keungan ada kutipan yang cukup unik yaitu “ perencanaan keungan muncul ketika keuangan mengalami kondisi yang tragis bahkan sakit”. Dengan kata lain perencanaan keungan merupakan dokter yag handal ketika keuangan kita mengalami sakit.

Banyak orang enggan menggunakan finacial planner  dengan berbagai alasan salah satu alasannya ialah jumlah simpanan yang masih kecil sehingga tidak perlu diadakannya suatu perencanaan yang menjadikan suatu keuangan tadi sebgaai sarana manajemen.

Justru persepsi diatas merupakan persepsi yang dapat dikatakan salah besar, karena sekecil apapun keuangan anda, jika anda pintar dalam me-manage  keunagan maka secara tidak mungkin bila keuangan anda akan menjadi lebih teratur. Bahkan dari perencanaan tadi bisa jadi terlahir sebuah pemikiran untuk mengembangkan unng tersebut dalam jumlah yang anda inginkan melalui berbagai investasi yang menguntungkan.

Di dalam manajemen keuangan sendiri memeliki sumber dana atau sumber modal yang dapat digunakan dalam kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan kegiatan keuangan. Analisis sumber dana atau analisis dana merupakan hal yang sangat penting bagi manajer keuangan.

Analisis rasio merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengethaui kondisi dan bagaimana prestasi keuangan yang dialami selama ini. Langkah pertama dalam analisis sumber dana adalah laporan perubahan yang disusun atas dasar dua neraca untuk dua waktu. Pada umumnya rasio keuangan dihitung menjadi 6 jenis, antara lain :

  1. Rasio Likuiditas, rasio ini untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban financial jangka pendeknya.
  2. Rasio Leverage, rasio ini digunakan untuk mengukur seberapa banyak dana yang di-supply oleh pemilik perusahaan dalam proporsinya dengan dana yang diperoleh dari kreditur perusahaan.
  3. Rasio Akitivitas, rasio ini digunakan untuk mengukur efektivitas manajemen dalam menggunakan sumber dayanya.
  4. Rasio Profitabilitas, rasio ini digunakan untuk mengukur efektifitas manajemen yang dilihat dari laba yang dihasilkan terhadap penjualan dan investasi perusahaan.
  5. Rasio Pertumbuhan, rasio ini digunakan untuk mengukur seberapa baik perusahaan mempertahankan posisi ekonominya, pertumbuhan ekonomi dan industry.
  6. Rasio Penialaian, rasio ini merupakan ukuran prestasi perusahaan yang paling lengkap oleh karena rasio tersebut mencerminkan kombinasi pengaruh dari rasio risiko dengan rasio hasil pengembalian.

Demikian artikel yang membahas mengenai Manajemen Keuangan Dalam Organisasi, Fungsi Menajemen Keuangan, Analisis Manajemen Keuangan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebgai bahan acuan refrensi anda.

Artikel Yang Terkait: