Oct 02

Fungsi Manajemen Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli manajemen1

Fungsi Manajemen~ Fungsi manajemen sangat berperan aktif dalam kegiatan organisasi, perusahaan, kelompok, bahkan dirisendiri agar segala apa yang dikerjakan berjalan dengan teratur. Manajemen digunakan untuk mengatur, merencanakan, dan mengontrol jalannya perusahaan sehingga tujuan dari perusahaan tersebut dapat dicapai.

Manajemen salah satu bidang yang selalu ada pada setiap bidang pekerjaan. Jika pekerjaan anda sebagai seorang manajer pastinya anda dituntut untuk memiliki skill, dedikasi, dan keberutangan dalam melakukan pekerjaan , sehingga jika anda dapat memenuhi point tersebut mungkin anda akan mendapatkan pangkat yang tinggi dalam pekerjaan anda.

Manajemen sebagai ilmu tidak hanya bermanfaat untuk perusahaan saja, akan tetapi juga dapat diaplikasikan di dalam diri sendiri untuk me-manage  diri sendiri, pengelolahan kelompok, bahkan negara juga memerlukan manajemen.

Griffin menjelaskan bahwa manajemen merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, serta pengontrolan sunber daya yang ada untuk menjapai target (goals)  secara efektif dan efesien.

Efektif disini diartikan sebagai suatu tujuan untuk mencapai perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Dari sini juga banyak istilah manajemen yang diartikan kedalam tiga pengertian yaitu:

  1. Manajemen sebagai suatu proses
  2. Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen
  3. Manajemen sebagai suatu seni (Art) dan sebagai ilmu pengetahuan (Science)

Fungsi manajemen sendiri menekankan pada suatu elemen-elemen yang pada dasarnya melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.

Namun sebenarnya fungsi manajemen sendiri telah ada sejak industrialis berkembangsaan Perancis yaitu Henry Fayol pertama kali memperkenalkannya pada awal abad ke-20. Ketika itu beliau menyebutkan lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan. Namun saat ini, kelima fungsi tersebut telah diringkas menjadi tiga, yaitu:

  1. Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.
  2. Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil.
  3. Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha

Demikian arikel yang berisi tentang Pengertian Manajemen, Istilah Manajemen Fungsi Manajemen. Semoga artikel sederhana ini dapat memberikan wawasan untuk anda, dan semoga artikel ini dapat menjadi bahan acuan refrensi anda.

Artikel yang Terkait: