Oct 03

Manajemen Pemasaran Fungsi Manajemen Pemasaran Fungsi Manajemen Pemasaran manajemen pemasaran

Manajemen Pemasaran~ Tahukah anda ? didalam suatu pemasaran terdapat sebuah pengkordinasian, pengaturan, perencanaan bahkan membuat strategi yang jitu agar dalam kegiatan pemasaan tersebut dapat dicapainya tujuan secara maksimal.

Pengkordinasian, pengaturan, perencanaan yang telah disebutkan diatas dalam kegiatan pemasaran disebut dengan manajemen pemasaran. Manajemen pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan( yang terdiri dari kegiatan mengorganisaikan, mengarahkan, mengkoordinir ) serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan organisasi secara efesien dan efektif.

Salah  satu fungsi dari manajemen pemasaran ialah kegiatan menganalisis, kegiatan menganailsis yang dimaksud ialah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui keadaan pasar  beserta lingkungannya sehingga dapat dikatahui seberapa besar peluang untuk menduduki pasar serta seberapa besar ancaman yang harus dihadapi dengan pasar tersebut.

Fungsi-fumngsi manajemen pasar sendiri memiliki lima fungsi utama , yang diantaranya dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. riset konsumen,
  2. pengembangan produk,
  3. komunikasi-promosi,
  4. distribusi,
  5. penetapan harga dan pemberian service.

Kelima fungsi tersebut dilakukan dalam menajamen dengan tujuan untuk mengetahui, melayani, memenuhi dan memuaskan kebutuhan para konsumen selaku penikmat produk pasar.

Di dalam manajemen pasar sendiri memiliki beberapa konsep yang nantinya dijadikan sebagai bahan acuan untuk memenuhi kegiatan pemasaran. Konsep-konsep terseput dapat dirincikan sebagai berikut:

  1. Pasar sasaran dan segmentasi
  2. Tempat pasar, ruang pasar, dan metamarket
  3. Pemasar dan calon pelanggan
  4. Kebutuhan, keinginan, dan permintaan
  5. Produk, tawaran, dan merek
  6. Nilai dan kepuasan
  7. Pertukaran dan transaksi
  8. Relasional dan jaringan kerja
  9. Saluran pemasaran
  10. Rantai pasokan
  11. Persaingan
  12. Lingkungan pemasaran
  13. Program pemasaran

Dengan perkembangan teknologi saat ini, mengakibatkan pemasaran banyak terjadi dalam dunia teknologi. Contohnya saja internet. Di internat kita sering menjumpai produk-produk yang dipasarkan secara online.

Kemunculan internet untuk bidang pemasaran sangat membantu para penggerak bisnis perusahaan mendapatkan hasil yang lebih cepat, akurat, serta dapat mencakup kisaran yang amat luas, dengan biaya yang sedikit dengan kemampuan twar menawar harga yang sesuai, sehingga banyak sekali perusahaan yang menciptakan situs web ersendiri untuk memperkenalkan produknya serta layanan yang disediakan kepada para konsumen yang membutuhkan.

Internet sebagai sarana yang paling mudah dijangkau pada masa kini membuat pemasaran produk berjaan lebih mudah dan sederhana, dan tak kalah menjanjikannya. Selain berbisnis dengan menggunakan internet manajemen pemasaran kita akan tertarget secara otomatis menjadi lebih efisien dan efektif yang dapat ditinjau dari segi biaya, waktu serta tenaga. Namun sebenarnya masih banyak lagi keuntungan yang lebih yang didapat dari pemasaran melalui internet.

Demikian artikel yang membahas mengenai Manajemen Pemasaran, Fungsi Manajemen Pemasaran, Manajemen Pemasaran Internet. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagai bahan acuan refrensi anda.

Artikel Yang Terkait: