Aug 13

Manajemen SDM~ Dalam organisasi atau perusahaan manusia merupakan sumber daya yang paling penting, karena manusia dianggap mampu dan berakal dan dianggap paling mampu mengatur serta mengelola kegiatan yang ada dalam organisasi atau perusahaan tersebut.

Berbicara masalah sumber daya alam di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa sumber daya manusia juga memiliki peran dalam manajemen, yang artinya SDM sangat penting dan berperan aktik dalam manajemen.

Manajemen Publik Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Publik3

Menanggapi hal tersebut Tesis Manajemen dalam artikel kali ini akan membahas mengenai manajemen SDM. Yang nantinya artikel ini dapat dijadikan bahan acuan refrensi anda.

Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia/Manajemen Personalia, meliputi hal-hal sebagai berikut :

  1. Pengadaan tenaga kerja
  2. Pengembangan tenaga kerja
  3. Pemberian kompensasi
  4. Integritas, dan
  5. Pemeliharaan tenaga kerja

Ruang lingkup masing-masing fungsi diatas dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Fungsi pengadaan tenaga kerja, meliputi kegiatan penentuan kebutuhan tenaga kerja (baik mengenai mutu maupun jumlahnya), mencari sumber-sumber tenaga kerja secara efektif dan efisien, mengadakan seleksi terhadap para pelamar, menempatkan tenaga kerja sesuai dengan posisi yang sesuai, dan memberikan pendidikan serta latihan yang diperlukan untuk pelaksanaan tugas bagi para tenaga kerja baru.
  2. Fungsi pengembangan tenaga kerja, meliputi kegiatan pendidikan dan latihan bagi para pekerja agar mereka dapat mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi dalam organisasi. Tujuan dari pengembangan tenaga kerja ini adalah peningkatan mutu atau keterampilan dan pengetahuan pekerja agar selalu mampu mengikuti perkembangan yang ada dalam organisasi.
  3. Fungsi pemberian kompensasi, meliputi kegiatan pemberian balas jasa kepada para karyawan. Kegiatan disini meliputi penentuan sistem kompensasi yang mampu mendorong prestasai karyawan, dan juga menentukan besarnya kompensasi yang akan diterima oleh masing-masing pekerja secara adil.
  4. Fungsi integritas, merupakan kegiatan untuk menyelaraskan tujuan organisasi dengan tujuan individu pekerja. Apabila tujuan-tujuan ini sudah sinkron, maka akan tergalang kekompakan dalam irama kerja organisasi dengan irama kerja para individu karyawan, sehingga akan menghasilkan tingkat produktivitas yang tinggi dalam pencapaian tujuan.
  5. Fungsi pemeliharaan tenaga kerja,mencakup pelaksanaan program-program ekonomis maupun non-ekonomis, yang diharapkan dapat memberikan ketentraman kerja bagi pekerja, sehingga mereka dapat bekerja dengan tenang dan penuh konsentrasi guna menghasilkan prestasi kerja yang diharapkan oleh organisasi.

Dalam Manajemen sumber daya manusia memiliki tujuan sebagai berikut:

1.  Tujuan Sosial

Tujuan sosial manajemen sumber daya manusia adalah agar organisasi atau perusahaan bertanggungjawab secara sosial dan etis terhadap keutuhan dan tantangan masyarakat dengan meminimalkan dampak negatifnya.

2.  Tujuan Organisasional

Tujuan organisasional adalah sasaran formal yang dibuat untuk membantu organisasi mencapai tujuannya.

3.   Tujuan Fungsional

Tujuan fungsional adalah tujuan untuk mempertahankan kontribusi departemen sumber daya manusia pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

4.   Tujuan Individual

Tujuan individual adalah tujuan pribadi dari tiap anggota organisasi atau perusahaan yang hendak mencapai melalui aktivitasnya dalam organisasi.

Demikian artikel yang membahas mengenai Manajemen Sumber Daya Manusia, Fungsi Manajemen SDM, Tujuan Manajemen SDM. Semoga atikel ini dapat bermanfaat sebagai refrensi anda.

Artikel Yang Terkait: