Sep 21

Konsep Dasar Manajemen Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Konsep Dasar Manajemen Pendidikan konsep pendidikan

Konsep Dasar Manajemen~  Dalam melakukan sesuatu sesorang pasti membutuhkan suatu perencanaan, pengelolahan, serta pengaturan agar kegiatan tersebut berjalan secara sistematis. Dalam kegiatan berorganisasi pastilah membutuhkan suatu perencanaan, pengelolahan, serta pengaturan agar kegiatan tersebut berjalan secara sistematis.

Suatu perencanaan, pengelolahan, serta pengaturan agar kegiatan tersebut berjalan secara sistematis seringkali disebut dengan pengertian manajemen secara sempit. Tak hanya organisasi saja yang membutuhkan peran manajemen, akan tetapi lembaga-lembaga pemerintahan juga membutuhkannya.

Salah satunya ialah lembaga pendidikan, dalam pendidikan tentu saja dibutuhkannya suatu perencanaan yang snagat matang untung mengangkat serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain sebagai perencana manajemen juga memiliki fungsi sebagai pengaturan, pengorganisasian, sampai dengan pengawasan.

Stiap ilmu yang lahir tentu saja mempunyai spesifikasi serta ciri-ciri yang berbeda dengan ilmu yang lainnya, tak terkecuali pada ilmu manajemen yang memiliki ciri-ciri mengenai apa (ontology) bagaimana (epistimologi) dan untuk apa (aksiologi), pengetahuan manajemen tersebut disusun. Ketigannya ciri-ciri tersebut sangat berkaitan satu sama lain sehingga dapat dikatakan telah menciptakan suatu sistem tersendiri.

Dari ketiga ciri-ciri tersebut bisa dikatakan sebagai lahirnya konsep manajemen, landasan ontology dan aksiologi merupakan suatu konsep bagaimana mengembangkan landasan epistimologi yang sesuai. Persoalan utama yang dihadapai oleh setiap epistimologi pada dasarnya bagaimana mendapatkan pengetahuan yang benar dengan memperhatikan aspek ontology dan aksiologi.

Demikian juga halnya dengan masalah yang dihadapai epistimologi, yakni bagaimana menyusun pengetahuan yang benar untuk menjadi masalah mengenai dunia empiris yang akan digunakan sebagai alat untuk meramalkan dan mengendalikan peristiwa atau gejala yang muncul.

Manajemen pendidikan merupakan keseluruhan kegiatan yang dilakukan dengan kerja sama antara kedua belah pihak dengan tujuan untuk mencapai pendidikan yang telah ditetapkan.

Ada pula yang mengatakan bahwa manajemen pendidikan merupakan serangkaian kegiatan yang dapat berupa proses pengelolaan usaha kerjasama sekelompok manusia yang tergabug dalam organisasi pendidikan, untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya, agar efektif dan efisien.

Dalam manajemen pendidikan sendiri memiliki unsur-unsur yang dapat dipelajari dalam hal yang seksama, adapaun unsur manajemen pendidikan meliputi ;

  1. Rasional
  2. Estimasi (Perkiraan)
  3. Preparasi (Persiapan)
  4. Efisiensi dan efektifitas
  5. Operasional.

Banyak sumber daya manajemen yang telibat dalam organisasi atau lembaga-lembaga termasuk lembaga pendidikan, seperti manusia, sarana dan prasarana, biaya, teknologi dan informasi.

Namun demikian sumber daya yang paling penting dalam pemdidikan adalah sumber daya manusia. Persoalan pengembangan sumber daya manusia mempunyai hubungan yang positif dengan produktifitas dan pertumbuhan oraganisasi, kepuasan kerja, kekuatan dan profesionalisme manajer.

Lima fungsi utama yang penting untuk diingat, bahwa manajemen adalah suatu bentuk kerja. Manager, dalam melakukan pekerjaannya, harus melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu, yang dinamakan fungsi-fungsi manajemen, yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, staffing, memotivasi, pengawasan.

Dalam melaukan pengawasan dilakukan pengukuran dengan tujuan-tujuan, menentukan sebab-sebab penyimpangan yang terjadi terhadap perencanaan, dan pada tahap ini diperlukannya suatu evaluasi serta solusi untuk kedepannya.

Demikian artikel yang berisi tentang Konsep Dasar Manajemen Pendidikan, Fungsi Manajemen Pendidikan, Unsur Manajemen Pendidikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagai bahan acuan refrensi anda.

Artiekel Yang Terkait: