Dec 09

perusahaan akun Manajemen Keuangan Perusahaan Manajemen Keuangan Perusahaan perusahaan akun

Keuangan Perusahaan~ Berbicara mengenai manajemen tentu saja kebanyakan orang akan mengasumsikannya hanya sebatas pengelolahan dan pengaturan dalam bidang-bidang tertentu. Hal ini sudah umum dilakukan banyak orang mengingat memang banyak pendefinisian dari arti kata tersebut dari beberapa pandangan, sehingga mungkin saja terjadi kesalahan persepsi.

Salah satunya dapat disebutkan manajemen keuangan, manajemen keuangan sendiri diartikan sebagai suatu usaha mengelolah sumber modalnya dengan cara semurah-murahnya dan menggunakan sumber modal tersebut secara efektif, efisien, dan seproduktif mungkin.

Di dalam sebuah perusahaan pastilah terdapat manajemen keuangan yang dikelola oleh seorang manajer keuangan. Seorang manajer keuangan yang profesional akan memahami keuangan perusahaannya dalam usur dan segi keungan yang baik. Hal tersebut tentunya diselingi dengan sikap yang bijaksana yaitu bagaimana cara mengelolah sumber modal tertentu, sehingga hal tersebut merupakn unsur terpenting suatu pencapaian perusahaan.

Seorang manajer keuangan perusahaan tentu saja harus menguasai segala unsur manajemen keuangan agar dapat menyelesaiakan masalah serta dapat memberikan solusi atas kendala yang terjadi pada keuangan perusahaan.

Seorang manajer perusahaan juga harus mengetahui segala aktivitas yang dilakuakan di dalam perusahaan khususnya mengenai keuangan. Untuk merealisasikan keuntungan yang maksimum seorang manajer perusahaan harus menganalisa sumber dana dan penggunaannya.

Aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh manajemen perusahaan sendiri sangat penting diperhatikan oleh seorang manajer keuangan perusahaan. Adapun aktivitas dari manajemen keuangan, meliputi :

  1. Aktivitas penggunaan dana, artinya segala aktivitas yang menginvestasikan dana segala aspek aktiva.
  2. Aktivitas pengelolahan dana, yang artinya segala aktivitas yang berhubungan dengan cara mendapatkan sumber dana, baik internal maupun eksternal.
  3. Aktivitas pengelolahan aktiva, pengelolahan aktiva dilakukan setelah dana yang di dapat dan telah dilakukan pengalokasian dana dalam bentuk aktiva.

Tergambar dari penjabaran di atas bahwa tugas pokok  manajemen keuangan ialah sebagai pengambil keputasan, pembiayaan kegiatan usaha, dengan demikian seorang manajer keuangan perusahaan akan membuatrencana yang maksimal dan matang untuk memasimalkan nilai perusahaannya.

Ada beberapa kegiatan pentinga yang harus dilakukan oleh seorang manjer keuangan perusahaan yang meliputi beberapa aspek diantaranya:

  1. Manajer keuangan perusahaan harus bekerja sama dengan manajer perusahaan yang lanya.
  2. Manajer keuangan perusahaan memusatkan perhatiannya pada pembiayaan yang dilakukan dengan investasi dan segala yang berhubungan dengan itu.
  3. Manajer keuangan harus bekerja sama dengan para manajer lain di perusahaan agar perusahaan dapat beroperasi seefisien mungkin
  4. Menyangkut penggunaan pasar uang dan pasar modal, manajer keuangan menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan, di mana dana dapat diperoleh dan surat berharga perusahaan dapat diperdagangkan.

Demikian artikel yang membahas mengenai Manajemen Keuangan Perusahaan, Tugas Pokok Manajer Keuangan, Aktivitas Manajemen Keuangan, Aspek Kegiatan Manajemen Keuangan. Artikel ini dibuat dengan tujuan yang tak lain ialah ingin menambah pengetahuan bagi pembaca, dan berharap artikel ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan refrensi anda.