Sep 22

Lembaga Pendidikan Islam Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Manajemen Lembaga Pendidikan Islam alquranLembaga Pendidikan Islam~ Tahukah anda bahwa manajemen merupakan suatu bidang ilmu yang sangat dibutuhkan disemua bidang? Yah memang manajemen merupakan ilmu yang digunakan dalam melakukan segala pengelolahan dan perencanaan dalam setiap kegiatan, tak terkecuali kegiatan dalam lembaga pendidikan Islam.

Manajemen merupakan alat untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Manajemen yang baik akan memudahkan terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, da masyarakat. Dengan manajemen, daya guna dan hasil guna unsure-unsur manajemen akan dapat ditingkatkan.

Selain itu, manajemen merupakan suatu cara meningkatkan performansi secara terus menerus pada setiap level operasi atau proses, dalam setiap area fungsional dari suatu organisasi, dengan menggunakan semua sumber daya manusia dan modal yang tersedia.

Melihat perkembangan yang ada pada manjamen, para pakar berusaha mencari berbagai konsep mengenai manajemen yang nantinya akan dijadikan sebuah pedoaman pelaksaan segala kegiatan dalam organisasi tersebut.

Tak terkecuali pda lembaga pendidikan Islam, pada lembaga pendidikan Islam tidak jauh beda dengan lembaga pendidikan yang lainya. Mereka membutuhkan suatu pengaturan, pengolahan serta pengawasan terhadap jalannya kegiatan belajar mengajar.

Ulama Islam KH. Ali selaku Ketua Dewan Majelis Ulama Indonesia menuturkan bahwa manajemen menurut pandangan Islam ialah suatu perwujudan amal sholeh yang tindakannya diukur dengan niat baik. Sehingga dari niat baik tersebut akan muncul sebuah motivasi yang nantinya akan menghasilkan sebuah aktivitas yang baik pula.

Dalam Islam yang menjadi landasan utama manajemen yaitu kebenaran, kejujuran,keadilan serta keahlian. Seorang manajer yang baik harus bisa memiliki sifat serta sikap seperti yang dijabarkan tadi. Dalam Islam sendiri menekankan sebuah kepemimpinan yang menjadi faktor utama terjadinya suatu manajemen.

Dalam Islam tidak pernah mengeal perlakuan diskriminasi berdasarkan berdasarkan suku, agama, atau pun ras. Dalam Islam juga menganjurkan yang namanya pluralitas dalam bisnis ataupun manajemen.

Dalam Islam juga dikenal pilar etika sebuah manajemen pendidikan, menurut Islam pilar tersebut meliputi:

  1. Pilar pertama, tauhid artinya memandang bahwa segala aset dari transaksi bisnis yang terjadi di dunia adalah milik Allah, manusia hanya mendapatkan amanah untuk mengelolanya.
  2. Pilar kedua, adil artinya segala keputusan menyangkut transaksi dengan lawan bisnis atau kesepakatan kerja harus dilandasi dengan akad saling setuju.
  3. Pilar ketiga, adalah kehendak bebas artinya manajemen Islam mempersilahkan umatnya untuk menumpahkan kreativitas dalam melakukan transaksi bisnisnya sepanjang memenuhi asas hukum ekonomi Islam, yaitu halal.
  4. Dan keempat adalah pertanggungjawaban artinya Semua keputusan seorang pimpinan harus dipertanggungjawabkan oleh yang bersangkutan.

Keempat pilar tersebut akan membentuk konsep etika manajemen yang fair ketika melakukan kontrak-kontrak kerja dengan perusahaan lain atau pun antara pimpinan dengan bawahan.

Seorang pemimpin harus bersikap lemah lembut inilah yang membedakan ciri manajemen Islami dengan manajemen ala budaya barat. Namun dalam hal tersebut tidak melupakan serta tidak lantas menghilangkan ketegasan dan disiplin. Jika karyawan tersebut melakukan kesalahan, tegakkan aturan. Penegakkan aturan harus konsisten dan tidak pilih kasih.

Demikian artikel yang membahas mengenai Manajemen Pendidikan Islam, Unsur Manajemen, Pilar Manajemen Islam, Pentingnya Ilmu Manajemen. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagai bahan acuan refrensi anda.

Artiekel Yang Terkait: