Jan 31

Mutu Pendidikan Manajemen Mutu Pendidikan Manajemen Mutu Pendidikan Mutu Pendidikan

Mutu Pendidikan~ Di zaman yang modern ini pendidikan sudah memiliki sarana prasarana yang memadai. Pendidikan juga dapat dirasakan sampai keseluruh pelosok negri, meskipun tidak semuanya dapat merasakannya.

Akan tetapi dengan mengingat tujuan negera Republik Indonesia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, melalui pembangunan infrastruktur inilah dituntut menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Sumber daya yang masuk kedalam pembangunan infrastruktur tadi meliputi komponen-komponen penggerak dalam pembangunan itu sendiri. Komponen-komponen tersebut meliputi guru, kepala sekolah, tenaga administrasi, peserta didik, dan lainnya.

Dengan adanya komponen-komponen pendidikan tadi sudah selaknyanya sumber daya tadi semakin dikembangkan dan semakin memiliki kualitas yang terbaik mengikuti perkembangan zaman.

Jika disimak kembali sumber daya yang paling utama dalam komponen pendidikan ialah sumber daya manusia, sehingga peningkatan kualitas sumber daya manusia sudah seharusnya menjadi rencana utama dari pembangunan infrastruktur.

Peningkatan kualitas sumber manusia tadi dapat dilakukan dengan cara yang terarah, intensif, efektif dan efisien dalam proses pembangunan, jika kita menginginkan kualitas bangsa kita ini tidak kalah dengan bangsa lainnya.

Sesuai dengan era globalisasi sudah seharusnya para pemegang kekuasaan lebih memperhatikan perkembangan dunia pendidikan kita yang sekian lama diwarnai dengan kesimpang- siuran mengenai siapa saja yang berhak menikmati pendidikan, oleh sebab itu pemerintah perlu menekankan bahwa pendidikan merupakan hak anak bangsa.

Dari uraian di atas, Tesis Manajemen pada artikel kali ini akan membahas seputar kulaitas pendidikan, yang nantinya dapat dijadikan sebagai bahan refrensi untuk anda.

Menengok kembali bahwa pendidikan merupakan peran penting sekaligus pemegang kekuasaan yang lebih terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia, untuk itu dibutuhkannya peran serta masyarakat dalam berpastisipasi mewujudkan pendidikan yang bermutu bagi bangsa Indonesia.

Berbicara mengenai kualitas atu mutu, perlu diketahui bahwa banyak para ahli mendefinisikannya kedalam sebuah konsep yang meliputi:

  1. Kualitas dari produk merupakan kecocokan dari penggunaan produk itu sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidup, hal tersebut diungkapakan oleh Juran .
  2. Crosby sendiri memberikan pendapatnya bahwa mutu suatu produk akan sesuai dengan standart serta kriteria yang diberikan.
  3. Deming sendiri berpendapat bahwa Jika konsumen merasa puas, maka mereka akan setia dalam membeli produk perusahaan baik berupa barang maupun jasa.

Sehingga dapat ditarik kesimpulan dari ketiga pengertian tersebut bahwa mutu atau kualitas merupakan gambaran dari berhasil atu tidaknya produk tesebut dihadapan para konsumen. Jika dikaitkan dengan pendidikan berarti mutu pendidikan merupakan gambaran bahwa bagaimana pendidikan tersebut memiliki tingkat keberhasilan untuk para peserta didik, yang nantinya hasil pendidikan tersebut dapat tercermin dari peserta didik itu sendiri.

Masalah yang paling menjadi perhatian saat ini seperti yang dijabarkan pada awal-awal paragraf di atas ialah bagaimana kualitas sumber daya manusia dapat berperan aktif untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sehingga dapat dikatakan bahwa kualitas sumber daya manusia sangat erat kaitannya dengan pendidikan, maka dari itu peningktan kualitas sumber daya manusia perlu sekali untuk dilakukan.

Sedangkan masalah pendidikan yang selama ini dijumpai yang erat kaitan dengan masalah kualitas, menurut Deming dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Desain kurikulum yang lemah,
  2. Bangunan yang tidak memenuhi syarat,
  3. Lingkungan kerja yang buruk,
  4. Sistem dan prosedur yang tidak sesuai,
  5. Jadwal kerja yang serampangan,
  6. Sumber daya yang kurang, dan
  7. Pengembangan staf yang tidak memadai.

Demikian artikel yang membahas mengenai Manajemen Mutu Pendidikan, Konsep Mutu Pendidikan, Masalah Mutu Pendidikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Artiekel Yang Terkait: