Jul 27

Pembiayaan Pendidikan Manajemen Pembiayaan Pendidikan Manajemen Pembiayaan Pendidikan Pembiayaan Pendidikan

Pembiayaan Pendidikan~  Pendidikan sangat dipandang sebagai suatu pelayanan masyarakat yang berbentuk pengajaran, bimbingan, serta latihan yang ditujukan dan dibutuhkan oleh peserta didik. Hal tersebut mendapat pandangan khusus dari sektor publik.

Dalam pendidikan juga terdapat suatu anggaran pembiayaan yang merupakan sarana terlaksannya pendidikan tersebut. Manajemen pembiaayaan yang terjadi di lingkup pendidikan tentu saja sangat jauh berbeda dengan manajemen pembiayaan yang terjadi pada ruang dan lingkup perusahaan yang pada dasarnya berorientasi pada pencarian laba.

Dalam manajemen pendidikan pembiayaan memiliki karakteristik yang unik yang disesuaikan dengan misi dari pendidikan itu sendiri. Sehingga penerapan pembiayaan pada manajemen pembiayaan di lembaga pendidikan tidak dapat dipungkiri perannya yang sangat penting.

Namun dalam manajemen pembiayaan pada lembaga pendidikan sering mengalami masalah yang dapat dikatakan serius. Permasalahan tersebut dapat dirumuskan antara lain terbatasnya sumber dana yang ada, pembiayaan pada program yang sembarangan, tidak terdukungnya visi serta misi yang ada, serta kesimpang-siuran kebijakan pendidikan yang kurang strategis dalam lembaga pendidikan.

Agar lembaga pendidikan bersifat bersih dari berbagai malfungsi serta malpraktek perlu diadakannya pengelolahan dari good governance yang kualitasnya nomor satu.

Dari uraian di atas sekiranya kita sebagai manusia yang berwawasan, penting dan perlu mengetahui lebih jauh tentang pembiayaan pendidikan. Oleh karenanya, Tesis Manajemen akan membahasnya dalam artikel kali ini.

Pembiayaan pendidikan merupakan nilai Rupiah yang ada dari keseluruhan sumber daya yang dipergunakan untuk segala kegiatan pendidikan. Pembiayaan pendidikan sendiri tidak hanya tidak hanya menyangkut analisa sumber, tetapi juga menggunakan dana secara efisien.

Sehingga semakin efesien sistem pendidikan tersebut sistem pendidikan itu semakin kurang pula dana yang diperlukan untuk mencapai tujuan-tujuannya dan lebih banyak yang dicapai dengan anggaran yang tersedia.

Manajemen pembiayaan pendidikan sendiri diartikan sebagai keseluruhan kegiatan yang berkenan dengan penataan sumber, penggunaan, serta pertanggungwaban dana pendidikan sekolah atau lembaga pendidikan yang ada. Kegiatan yang berkaitan dengan manajemen pembiayaan pendidikan meliputi penyusunan anggaran, pembiayaan, serta pemerisaan.

Dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 yang ditetapkan pada tanggal 27 Maret 1989 mengenai Sistem Pendidikan Nasional dijelaskan sumber daya pendidikan yang berisikan :

1. Pasal 33

Pengadaan dan pendayagunaan sumber daya pendidikan dilakukan oleh Pemerintah, masyarakat, dan atau keluarga peserta didik.

2. Pasal 34

Buku pelajaran yang digunakan dalam pendidikan jalur pendidikan sekolah disusun berdasarkan pedoman yang ditetapkan oleh Pemerintah. Buku pelajaran dapat diterbitkan oleh Pemerintah ataupun swasta.

3. Pasal 35

Setiap satuan pendidikan jalur pendidikan sekolah baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat harus menyediakan sumber belajar.

4. Pasal 36

Biaya penyelenggaraan kegiatan pendidikan di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah menjadi tanggung jawab Pemerintah.

Biaya penyelenggaraan kegiatan pendidikan di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat menjadi tanggung jawab badan/perorangan yang menyelenggarakan satuan pendidikan.

Demikian artikel yang membahas mengenai Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Sumber Dana Pembiayaan Pendidikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagai bahan acuan refrensi.

Artiekel Yang Terkait: