Sep 03

Pendidikan Anak Usia Dini Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Paud

Pendidikan Anak Usia Dini~  Pada zaman globalisasi saat ini, pendidikan telah diberikan dan ditanamkan sejak usia dini. Mengingat tujuan salah satu tujuan negara ialah mencerdaskan segenap bangsa Indonesia. Oleh sebab itu pemerintahan telah mencanangkan pendidikan usia dini.

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan segenap upaya yang dilakukan ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan menginjak usia enam tahun yang pendidikan tersebut diberikan melalui pemberian rangsanagan pendidikan untuk membantu pertumbuhan anak tersebut dari segi jasmani maupun rohani.

PAUD sendiri merupakan sederet aturan penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Selain itu perlu diketahui kembali bahwa ada beberapa tujuan yang diselenggarakan oleh pendidikan anak usia dini:

  1. Pendidikan anak usia dini memiliki tujuan utamanya ialah membentuk karakter anak bangsa dengan kualitas yang baik, artinya menyiapkan sosok yang berkarakter yng dapat tumbuh dan berkembang sehingga memiliki kesiapan memasuki pendidikan dasar dan dapat mengarungi kehidupan di masa dewasa.
  2. Untuk mempersiapkan anak mencapai kesiapan belajar dalam menghadapi pendidikan dasar.

Manajemen PAUD sendiri dapat diartikan sebagai suatuu menajemn pendirian pada pendidikan anak usia dini. Persyaratan untuk memasuki dunia PAUD ialah peserta didik berusia dini (0-6 tahun), ada penyelenggara dari badan hukum, ada pengelolah PAUD, serta adanya tenaga kerja pendidik PAUD.

Sarana prasarana PAUD yang harus disediakan antara lain ialah memiliki kurikulum, memiliki program kegiatan belajar-bermain dan mengajar (PKBM), dan tersedia sumber dana untuk pelaksanaan atau operasional pendidikan.

Dalam manajemen PAUD sendiri memiliki orientasi terhadap penyelengaraan kesehatan gizi yang meliputi pertumbuhan, layanan kecerdasan dan psikologis, layanan sosial dan sikap serta, layanan keagamaan dan spiritualisasi.

Hal yang telah dijabarkan di atas bertujuan agar anak yang terdidik dapat memiliki pengalaman belajar yang opyimal, kecerdasan otak yang berkualitas, pertumbuhan fisik yang sehat, perkembangan psikososial positif, dan bertumbuh sesuai dengan dunia anak.

Selain substansi pengelolaan program PAUD yang meliputi manajemen personalia atau SDM, kurikulum (menu ) kegiatan bermain dan belajar kemudian manajemen peserta didik, manajemen keuangan lembaga, dan manajemen humas serta manajemen sarana- prasarana.

Demikian artikel yang membahas mengenai Pendidikan Anak Usia Dini, Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini, Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Artikel ini dibuat dengan sengaja agar dapat menambah wawasan bagi pembaca, dan artikel ini dapat dijadikan bahan acuan refrensi anda.

Artikel Yang Terkait: