Mar 14

Pendidikan Dasar Manajemen Pendidikan Dasar Manajemen Pendidikan Dasar Pendidikan Dasar

Pendidikan Dasar~ Pada pendidikan dasar sudah sepatutnya memiliki perhatian khusus dari pemerintah mengenai segi pengadaan kurikulum untuk pendidikan dasar tersebut. Sebagi timbal balik yang normal proses perencanaan sampai dengan pelaksanaan yang ada dalan pendidikan dasar harus steril dari jamaan masyarakat.

Dalam Undang-undang 50 mengenai pendidikan dasar disebutkan bahwa:

Pendidikan dasar merupakan pendidikan rendah, yang disini definisinya sangat jelas bahwa pendidikan dasar merupakan level untuk menumbuhkan minat, mengasah kemampuan pikir, olah tubuh dan naluri.

Pada hakikatnya satuan pendidikan dasar bertujuan untuk meletakkan dasar-dasar kemampuan seperti kemampuan kecerdasan pengetajuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Agar terlaksananya tujuan dengan baik serta agar tercapainya tujuan pendidikan dengan memuaskan disinilah dituntut peran dari guru untuk proses pemlejaran serta pengajaran agar siswa memiliki keseimbanganantara kognitif, afektif dan psikomotorik.

Tak jarang diketahui bahwa suksenya sebuah kegiatan ditentukan oleh suatu kondisi tertentu, antara lain dapat digambarkan sebagai berikut:

  1. Komitmen politik sebagai perencanaan pendidikan
  2. Perencanaan menjelaskan antara hak, tugas, serta kewajiban
  3. Ada perbedaan yang sangat tegas antara era politis, teknis, dan administratif pada perencanaan pendidikan
  4. Perhatian memusatkan pada penyebaran kekuasaan serta pembuatan keputusan
  1. pengembangan kebijakan dan prioritas pendidikan yang terarah
  2. pengembangaan secara terarah dan memberikan alterantif teknis sebagai sarana untuk mencapai tujuan politik pendidikan,
  3. harus mengurangi politisasi pengetahuan,
  4. harus berusaha lebih besar untuk mengetahui opini publik terhadap perkembangan masa depan dan arah pendidikan,
  5. administrator pendidikan harus lebih aktif mendorong perubahan-perubahan dalam perencanaan pendidikan, dan
  6. ketika pemerintah tidak menguasai lagi semua aspek pendidikan maka harus lebih diupayakan kerja sama yang saling menguntungkan antara pemerintah-swasta-universitas yang memegan otoritas pendidikan.

UNESCO pernah menegaskan bahwa pendidikan dasar merupakan pendidikan penting yang menjadi dasar dari suatu pendidikan yang akan datang, sehingga pada pendidikan dasar di letakkan fondasi bagi kehidupan dalam memudahkan orang untuk memilih apa yang mereka lakukan serta merencanakan masa depan dan meletekan landasan bagi belajar sepanjang hayat (long life learning).

Demikian artikel yang membahas mengenai Pendidikan Dasar, Tujuan Pendidikan Dasar, Perencanaan Pendidikan Dasar, Pentingnya Pendidikan Dasar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagai bahan acuan refrensi anda.

Artiekel Yang Terkait: