Aug 14

Pendidikan Islam Manajemen Pendidikan Islam Manajemen Pendidikan Islam alquran

Pendidikan Islam~  Dalam setiap kegiatan memang membutuhkan adanya manajemen, karena hal tersebut menjadikan teratur dan lebih mengarahkan kepada tujuan yang akan dilakukan, begitu pula dalam hal pendidikan.

Dunia pendidikan pada saat ini diwarnai berbagai kegiatan yang menunjang terlaksananya suatu pendidikan yang berkarakter. Selain itu tak dapat dipungkiri bahwa manajemen dalam pendidikan merupakan kebutuhan yang mendesak serta suatu kebutuhan yang harus mendapatkan respon yang sangat cepat dan tepat.

Hal tersebut mengingat sistem pendidikan yang tidak akan bisa sempurna dan berjalan dengan sistematis tanpa adanya sebuah manajemen. Oleh karenanya dunia pendidikan membutuhkan manajemen yang dijadikan sebagai suatu perencanaan, pengelolahan serta pengawasan bagi kegiatan sehari-hari.

Tak terkecuali pendidikan Islam yang ada di Indonesia pada era modern saat ini sedang gencar-gencarnya dikembangkan sayapnya, mengingat banyaknya perubahan yang dialami akibat globalisasi serta budaya asing yang berdampak negatif bagi anak bangsa.

Kembali lagi pada manajemen, manajemen yang ada pada setiap organisasi merupakan suatu proses aktivitas yang ada pada organisasi tersebut meliputi planning, organizing, actuating, dan controlling dalam penggunaan sumberdaya organisasi. Sehingga  dapat dikatakan bahwa aplikasi manajemen organisasi hakikatnya adalah juga amal perbuatan SDM organisasi yang bersangkutan.

Dalam pendidikan Islam terjadi suatu proses pembekalan ilmu kepada peserta didik untuk mencapai kesuksesan di dunia dan di akhirat. Maka dalam manajemen pendidikan Islam sendiri dapat mencakup kedalam beberapa hal meliputi administrasi, pembiayaan serta kerja sama dan sistem informasi pendidikan berdasarkan perspektif islam.

Dari uraian di atas, Tesis Manajemen tertarik untuk membahas seputar   manajemen pendidikan Islam. Dari penulisan artikel kali ini penulis berharap dapat menambah wawasan anda.

Secara sederhana penelolahan administrasi pendidikan dapat diartikan serangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, penugasan, pelaksanaan, pengwasan dan penilaian tentang berbagai masalah pendidikan dalam rangka mencapai tujuan yang tlah ditetapkan. Dalam pendidikan memiliki beberapa fungsi utama administrasi seperti Planning, Organizing, Actuating, Controling.

Dalam memasuki tahap perencanaan, setiap organisasi harus mengetahi dengan jelas dan benar apa yang gharus direncanakan, dari perencanaan tadi akan timbul suatu usaha serta pertanyaan bagaimana rencana tersebut dapat terwujud dengan baik.

Sedangkan pengorganisasian Fattah menjelaskan bahwa Pengorganisasian merupakan proses membagi kerja dalam tugas tugas yang kecil, membebankan tugas itu kepada orang yang sesuai dengan kemampuanya, dan mengalokasikan sumber daya, serta mengkoordinasikannya dalam rangka efektifitas pencapaian tujuan organisasi.

Sedangkan pengawasan merupakan hal yang paling dibutuhkan dalam tahap akhir sebuah manajemen serta seuatu proses dimana dilakukan sebuah pengawasan apakah rencana tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sesuai target. Dalam proses pengawasan mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan untuk menjamin bahwa semua sumberdaya perusahaan telah digunakan dengan cara yang paling efekif dan efisien guna tercapainya tujuan perusahaan.

Dalam pembiayaan pendidikan islam, menganut beberapa prinsip. Adapun Prinsip-prinsip pengelolaan dan pembiayaan pendidikan dalam Islam, meliputi:

  1. Keikhlasan
  2. Tanggung jawab kepada tuhan
  3. Suka rela
  4. Halal
  5. Kecukupan
  6. Berkelanjutan
  7. keseimbangan dan proposional

Demikian artikel yang membahas mengenai Manajemen Pendidikan Islam, Fungsi Manajemen Pendidikan Islam, Prinsip Pembiayaan Pendidikan Islam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagai bahan acuan refrensi anda.

Artikel Yang Terkait: