Dec 04

manajemen keuangan Pengertian Manajemen Keuangan Pengertian Manajemen Keuangan manajemen keuangan1

Manajemen Keuangan~ Dalam setiap organisasi atau peruahaan, tentu dan sudah jelas terdapat sebuah pengaturan, pengolahan serta pengendalian yang matang, tujuannya tidak lain ialah untuk memperlancar pekerjaan atau kegiatan yang ada.

Pengaturan, pengolahan, dan pengendalian tersebut disebut dengan manajemen. Dalam perusahaan ataupun organisasi sendiri terdapat berbagai bidang dalam manajemen, salah satunya ialah manajemen keuangan.

Manajemen keuangan sendiri merupakan segala aktivitas yang dilakuakan oleh pemilik dan manajemen perusahaan untukmenggunakan sumber modalnya seefektif mungkin serta seefisien mungkin dengan tujuan untuk memperoleh laba yang ditargetkan.

Dalam hal ini pengertian manajemen keuangan sendiri mengalami perkembangan yang sangat pesat. Ada pengertian dari manajemen keuanga yang hanya mengutamakan aktivitas memperoleh dana, ada juga pengertian yang menyebutkan bahwa manajemen keuanga merupakan aktivitas pencarian dana, pengolahan dana, serta pengelolahan terhadapa aktivitas lainnya.

Hal ini dapat menyebabkan kesimpangsiuran sehingga terjadinya suatu kesalahan persepsi masing-masing individu. Oleh karenanya sebagai manusia yang berwawasan kita perlu memahami secara mendalam apa dan makna sesungguhnya dari manajemen keuangan tersebut.

Untuk merealisasikan keuntungan yang maksimal, suatu perusahaan menganalisa sumber dananya dengan cara yang khusus. Seorang manajer harus mampu mempelajari serta memahami bagaimana peredaran uang baik bersifat internal maupun external.

Dalam manajemen keuangan memiliki kepentingan yaitu sebagai penentu jumlah aktiva yang layak untuk diinvestasikan serta membelanjakan aktiva aktiva tersebut. Untuk memperoleh dana seorang manajer harus bisa memperolehnya dari dalam maupun luar perusahaan. Biasanya sumber dana perusahaan yang berasal dari luar didapat di pasar modal, yang berbentuk hutang atau modal sendiri.

Setelah penjabaran yang dilakukan di atas, tentu sekali lagi kita perlu mengetahui dengan seksama apa arti kata atau definisi dari manajemen keuangan itu sendiri. Hal tersebut mendorong para ahli untuk mengungkapakan pendapatnya melalui definisi, meiputi :

  1. Liefman, mengungkapakan bahwa manajemen keuangan merupakan segala aktivitas yang dilakuakan utuk menyediakan uang dan menggunakan uang tersebut untuk memperoleh aktiva yang lebih.
  2. Suad Husnan, disini beliau berpendapat bahwa manajemen keuangan merupak segala aktivitas yang dilakukan mengatur segal fungsi-fungsi dari manajemen itu sendiri.
  3. James Van Horne, mengungkapakan bahwa manajemen keuangan ialah segala usaha yang dilakuakan untuk memperoleh dana, pendanaan, an pengelolahan aktiva yang lainnya.
  4. Bambang Riyanto, berpendapat bahwa manajemen keuangan merupakan keseluruhan aktivitas yang ada di dalam perusahaan, yang aktivitasnya berhubungan dengan usaha memperoleh dana yang diperlukan untuk memperoleh laba, serta usaha untuk mengelola sumber dana seefisien mungkin.

Segala sesuatu yang ada di dalam kehidupan ini memiliki fungsi-fungsi tersendiri, tak terkecualai dengan fungsi manajemen keuangan yang berfungsi sebgai berikut:

  1. Perencanaan Keuangan artinya membuat suau rencana tertentu meliputi kegiatan pemasukan serta pengeluaran pada kegiatan tertentu dan untuk periode tertentu.
  2. Penganggaran keuangan artinya suatu tindakan khusus yang dilakukan secara detail terhadap pengeluaran dan pemasukan.
  3. Pengelolahan keuangan artinya menggunakan semua sumber modal perusahaan seefisien mungkin.
  4. Pencarian keuangan artinya mencari serta mengeksploitasi sumber dana modal utuk kegiatan oprasional perusahaan.
  5. Penyimpanan keuangan artinya ialah aktivitas menyimpan dana atau harta perusahaan dengan tujuan mengamankan dana tersebut.
  6. Pengendalian keuangan artinya perbaikana serta pengevaluasian sistem keuanagn yang ada didalam perusahaan.
  7. Pemeriksaan keuangan artinya melakukan suatu kegiatan audit internal ataus keuangan agar tidak terjadi suatu penyimpanagan keuangan perusahaan.
  8. Pelaporan keuangan suatu kegiatan penyedian informasi mengenai keadaan keuangan perusahaan sekaligus sebagai bahan evaluasi.

Demikian artikel yang membahas mengenai Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi Manajemen Keuangan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagai bahan refrensi untuk anda.