Sep 12

Contoh Tesis~ Analisis Finansial Rencana Pengoperasian Angkutan Sekolah Malang International Education Park Di Kota Malang

Pengopraian Angkutan Umum Pengoperasian Angkutan Sekolah Malang International Education Park  Pengoperasian Angkutan Sekolah Malang International Education Park Pengopraian Angkutan Umum

 

Latar Belakang

Fenomena buruknya kualitas pelayanan angkutan umum secara langsung dapat berpengaruh terhadap tingkat produktifitas penggunanya dalam menjalankan proses produksi. Jika dalam mata rantai proses produksi mengalami gangguan, maka proses produksi selanjutnya akan sangat terpengaruh. Jika peserta proses produksi tidak bisa menikmati salah satu bagian proses dengan baik maka hasil berikutnya pun tidak sebaik kalau ia menjalani bagian-bagian proses tersebut dengan nyaman.

Hal yang sama juga terjadi pada para pelajar pengguna angkutan umum khususnya di wilayah Kota Malang, ketersediaan sarana angkutan umum yang kurang memadai, ketidakpastian waktu operasi angkutan umum, keselamatan, keamanan, serta kenyamanan yang sangat minim dapat mengakibatkan menurunnya tingkat produktifitas para pelajar. Dalam kasus lain, seringkali para operator angkutan umum enggan untuk mengangkut para pelajar pada jam-jam sibuk pagi karena tarif yang ditentukan oleh pemerintah bagi para pelajar dianggap sangat murah dan merugikan operator angkutan umum.

Perumusan Masalah

Berdasarkan identifikasi masalah dan juga batasan masalah yang ada, maka yang harus dirumuskan dalam penelitian ini adalah:

  1. Berapa estimasi biaya pengoperasian angkutan sekolah Malang International Education Park di Kota Malang?
  2. Berapa besaran jumlah penumpang rata-rata yang bias diangkut oleh angkutan sekolah tiap harinya?
  3. Bagaimana tingkat kelayakan pengoperasian angkutan sekolah Malang International Education Park?

Manfaat Penelitian

Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan masukan kepada Pemerintah atau instansi terkait terkait dengan rencana pengoperasian angkutan sekolah Malng International Education Park Malang Di Kota Malang.
  2. Dapat Memberikan Penjelasan mengenai Kalayakan Rencana Pengoperasian Angkutan Sekolah International education Park Malang di Kota Malang.

Kesimpulan

Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian analisis financial rencana pengoperasian angkutan sekolah Malang International Education Park di Kota Malang, adalah sebagai berikut:

  1. Biaya operasional angkutan sekolah untuk masing-masing alternative rencana adalah sebagai berikut, alternative I Rp. 745 atau Rp. 7.951,- per bus/km,- per penumpang/km, alternative II Rp. 568,- per penumpang/km atau Rp. 7.492,- per bus/km;
  2. Penumpang rata-rata yang bias diangkut oleh angkutan sekolah Malang International Education Park adalah sebagai berikut, alternative I 1431 orang/hari, alternative II 2273 orang/hari.
  3. Perencanaan rute angkutan sekolah dibuat dalam 2 alternatif diprioritaskan untuk dilaksanakan terlebih dahulu dikarenakan nilai NPV untuk alternatif I lebih besar dari nilai NPV alternatif II. Sedangkan apabila suku bunga yang berlaku di bawah 7% maka alternatif II diprioritaskan untuk dilaksanakan terlebih dahulu karena nilai NPV alternatif II lebih besar daripada nilai NPV alternatif I.
  4. Hasil analisa finansial menunjukkan bahwa penyelenggaraan angkutan Sekolah untuk sekolah-sekolah di kawasan Malang International Education Park dinyatakan layak/ menguntungkan.