Dec 14

Tenaga kerja Indonesia Perbaikan Manjemen Tenaga Kerja Indonesia Perbaikan Manjemen Tenaga Kerja Indonesia Tenaga kerja IndonesiaKetenagakerjaan~ Mengingat banyaknya kasus yang ada dan telah dihadapi oleh berbagai pihak terkait TKI sangat dinamis sekali memimbulkan pertanyaan besar, apa manajemen sumber daya manusia yang dilakukan sudah tepat atau belum ?

Sebagai pahlawan devisa tentu saja harus ada berbagai pemenuhan hak yang sesuai dengan kebutuhan para pahlawan devisa tersebut. Dalam mengelolah sumber daya manusia tentu saja memiliki peran utama dalam terlaksannya TKI.

Lantas manajemen sumber daya manusia yang seperti apa yang cocok diterapakan pada setiap tenaga kerja yang ada ? tentu saja manjemen sumber daya manusia yang efisien dan efektif yang mampu menyeimbangkan antara kinerja dan hasil.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Bagian yang terpenting dalam mengelolah sumber daya adalah pengelolahan sumber daya manusia itu sendiri. Banyangkan saja meskipun sumber daya alam yang dimiliki berkualitas akan tetapi pengelolahannya ditangani oleh sumber daya manusia yang erndah tidak akan memiliki hasil yang maksimal.

Manajemen sumber daya manusia atau MSDM merupakan satu kesatuan dari berbagai integral yang ada dari berbagai organisasi yang ada yang dapat ditemukan dalam lingkup keseharian. Manajemen ssumber daya manusia sendiri lebih emnekankan pada kativitas departemen pengelolahan manusia, yaitu tenaga kerja.

Manjemen sumber daya manusia merupakan serangkaian dari berbagai kegiatan yang ada dalam fungsi manajemen yang lebih menitikberatkan pengelolahan, pengaturan, pengembangan pada sumber daya manusia.

Dengan kata lain sumber daya manusia merupakan hal yang paling patur terorganisir dengan baik dan efisien agar mampu mengelolah segala sumber daya yang ada di muka bumi ini. Dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tentu saja dapat dilakukan berbagai upaya.

Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada akan bermanfaat bagi organisasi atau perusahaan yang ia naungi. Misalnya saja memberikan berbagai pelatihan khusus pada tenaga kerja akan meningkatkan keterampilannya.

Mengingat bahwa cakupan ilmu manajemen sanga luas, ada berbagai tanggug jawab yang harus diemban oleh manajemen sumber daya manusia itu sendiri. Adapun tanggung jawab dari manajemen sumber daya manusia meliputi:

  1. Menilai kinerja tenaga kerja
  2. Adanya desain organisasi
  3. Adanya pengaturan tenaga kerja
  4. Adanya sistem penghargaan, asas manfaat, kepatuhan
  5. Pengembangan lewat pelatihan

Demikian artikel yang membahas Manajemen Tenega Kerja, Manajemen Sumber Daya Manusia, Tanggungjawab Manajemen Sumber Daya Manusia. Semoga artikel yang Kami sajikan mampu memberikan wawasan untuk Anda.

Artikel yang Terkait: