Dec 14

pariwisata Potensi Dan Pemasaran Sektor Pariwisata Indonesia Potensi Dan Pemasaran Sektor Pariwisata Indonesia pariwisataPemasaran Pariwisata~ Pada saat ini sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang memiliki kontribusi besar terhadap peningkatan taraf kehidupan masyarakat sekitar. Berkembangnya berbagai wisata yang ada tak luput dari pengaturan serta pengorganisasian pelaksanaan yang dilakukan oleh sumber daya manusia.

Pariwisata yang memiliki perkembangan yang sangat pesat akan menjadi slah satu objek utama mengembangkan potensi yang ada. Salah satunya pada Rinjani Dan Raja Ampat, kementrian Energi Dan Sumber Daya Mineral akan berjanji lebih mempercepat pembangunan wisata yang pada dasarnya akan banyak memanfaatkan sumber energi yang ada.

Pada kawasan Rinjani dan Raja Ampat akan dibangun sebuah wisata Geopark yang pada dasarnya bertujuan untuk menghasilkan devisa negara lebih banyak lagi. Dengan potensi alam yang dimiliki oleh Indonesia menteri yakin bahwa pada suatu saat nanti Indonesia akan mampu memiliki potensi Geopark yang hampir sama dengan Cina.

Dari sini tentu saja dibutuhkan suatu pelaksanaan pemasaran yang sangat efektif. Lantas kenapa seperti itu ? karena pariwisata juga diibaratkan sebagai suatu produk, produk yang akan dipasarkan kepada konsumen tentu saja membutuhkan pemasaran.

Dari sinilah pada nantinya akan dicetuskan bagaimana pemasaran pariwisata akan dilakukan, dengan tujuan pencapaian pundi-pundi devisa yang optimal, selain itu akan dijadikan suatu upaya peningkatan taraf hidup masyarakat setempat.

Pengertian Pemasaran Pariwisata

Pemasaran pariwisata merupakan suatu tata letak sistem yang pada dasarnya telah dirancang dan dikoordinir secara organisir sebagai langkah awal dari suatu kebijakan yang ada dalam perusahaan pariwisata.

Pemasaran wisata juga bertujuan mengenalkan potensi wisata yang dimiliki. Sehingga dalam menyusun rencana pemasaran dilakukan dengan mengaitkan ruang lingkup lokal, regional, nasional, dan internasional sehingga dapat diprediksinya kepuasan para wisatawan.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pemasaran pariwisata merupakan keseluruhan aktivitas yang diarahkan untuk memberikan informasi kepada konsumen yang bertujuan untuk memuaskan keinginan wisatawan sebagai konsumen. Untuk melaksanakan kegiatan ini perlu disusun suatu strategi pemasaran yang diarahkan pada usaha untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan wisatawan, khususnya pada target wisata yang akan dilayani.

Faktor-Faktor Keberhasilan Pemasaran

Dalam menjalani atau melakukan sesuatu seseorang akan menentukan target atau goals yang harus dicapai. Sama halnya dengan pemasaran tentu saja harus ada suatu target yang menjadi tolak ukur dari pemasaran tersebut.

Dalam melakukan pemasaran pariwisata tentu saja, dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu. Adapun faktor berhasilnya suatu pemasaran dari pariwisata meliputi:

  1. Mampu menghasilkan suatu produk atau wisata yang memiliki nilai dan potensi yang berbeda
  2. Adanya keseimbangan antara manfaat dan harga
  3. Adnya komunikasi yang baik antara pembeli dan usaha promosi
  4. Adanya saluran distribusi yang mampu menjamin ketersediaan situasi

Demikian artikel yang membahas Potensi Wisata Indonesia, Pemasaran Wisata Indonesia, Pengertian Pemasaran Pariwisata, Faktor-Faktor Keberhasilan Pemasaran. Semoga artikel yang Kami sajikan mampu memberikan wawasan untuk Anda.

Artikel yang Terkait: