Jan 25

Ruang Lingkup Pendidikan Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan manajemen pendidikan2

Ruang Lingkup Pendidikan~  Seseorang yang pandai dan cakap serta mampu tampil dengan kepercayaan diri yang penuh akan selalu diasumsikan sebagai seseorang yang memiliki pendidikan yang jauh diatas rata-rata. Hal tersebut memang sangat wajar sekali mengingat bahwa pendidikan merupakan sebuah sarana utama untuk memperoleh ilmu yang berkualitas.

Pendidikan sendiri bukan kata-kata yang asing untuk telinga kita, apalagi jika mengingat pada zaman sekarang ini pemerintah telah mencanangkan wajib belajar 12 tahun membuat warna dunia pendidikan Indonesia semakin bersinar.

Dengan segudang istilah-istilah yang telah banyak dipergunakan dalam kegiatan pelayanan mulai dari manajemen, pengelolaan, pengaturan dan sebagainya membuat para pihak ikut berasumsi mengenai apa sebenarnya yang dimaksud dengan pendidikan.

Pendidikan yang saat ini sudah menjalar serta menyentuh diberbagai lapisan membuat dari berbagai pihak sadar bahwa pendidikan merupakan kebutuhan yang utama untuk menjalani kehidupan sehari-hari, serta merupakan kebutuhan pelengkap untuk mendapatkan segala tingkat jabatan dalam dunia karir.

Manajemen pendidikan sendiri merupakan segenap kegiatan yang sebelumnya telah dirancang untuk dijadikannya sebuah pedoman dan dilakukan oleh kedua belah pihak. Dari sini ada pula yang menyebutkan bahwa manjemen pendidikan merupakan prasarana penggerak terjadinya pendidikan.

Jika dlihat sekilas semua asumsi yang dilontarkan oleh beberapa pihak tadi secara tidak langsung menunjukkan perbedaan akan tetapi masih dalam konteks bahasan yang sama. Oleh karenanya sebagai pedoman kita manusia yang berwawasan perlu mengetahui dengan jelas apa makna dari manajemen pendidikan itu sendiri.

manajemen pendidikan merupakan serangkaian kegiatan yang dapat berupa proses pengelolaan usaha kerjasama sekelompok manusia yang tergabug dalam organisasi pendidikan, untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya, agar efektif dan efisien.

Agar suatu manajemen dapat dipahami secara rinci dan dalam, Mulyani A. Nurhadi menekankan adanya ciri-ciri atau pengertian Manajemen Pendidikan tersebut sebagai berikut :

  1. Manajemen merupakan rangkaian aktivutas serta kegiatan yang dilakuakan oleh manusia, untuk manusia.
  2. Rangkaian kegiatan yang ada merupakan suatu proses dimana kegiatan pendidikan nanatinya akan bersifat kompleks dan unik yang berbeda dengan tujuan perusahaan untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya ; tujuan kegiatan pendidikan ini tidak terlepas dari tujuan pendidikan secara umum dan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan oleh suatu bangsa.
  3. Proses pengelolahan ini dilakukan secara bersamaan oleh pihak-pihak yang ada dalam lingkup organisasi tersebut, dan suasana kerja harus terjaga dengan kondisi yang harmonis.
  1. Proses itu dilakukan dalam rangka mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, yang dalam hal ini meliputi tujuan yang bersifat umum (skala tujuan umum) dan yang diemban oleh tiap-tiap organisasi pendidikan (skala tujuan khusus).

Berbicara menenai manajemen pendidikan, manajemen pendidikan sendiri memiliki ruang lingkup yang dapat dibagi menjaadi tiga bagian yaitu Wilayah Kerja, Menurut Objek garapan, dan Menurut Fungsi Kegiatan.

Jika ditelisik menurut wilayah kerjanya ruang lingkup manajemen tadi dapat berupa Manajemen seluruh negara, manajemen satu propinsi, manajemen satu unit kerja, dan manajemen kelas. Objek garapan dari manajemen pendidikan tadi yang nantinya akan menjadi sebuah pengaturan serta pengelolahan terhadap Manajemen siswa, manajemen ketenaga pendidikan, manajemen sarana-prasarana, manajemen tata laksana pendidikan, mqanajemen pembiayaan dan manajemen humas.

Sedangkan menurut fungsi kegiatan dari manajemen pendidikan tadi meliputi , merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasikan, mengko-munikasikan, mengawasi atau mengevaluasi.

Demikian artikel yang membahas mengenai Pengertian Pendidikan, Pengertian Manajemen Pendidikan, Ruanglingkup Manajemen Pendidikan. Semoga atikel ini dapat bermanfaat sebagai bahan refrensi anda.

Artiekel Yang Terkait: