Nov 27

Fungsi Manajemen~ Pentingnya Lulusan Program Studi Ilmu Manajemen berkualitas Untuk Perusahaan

Kualitas sumber Daya Manusia Sumber Daya Manusia Perusahaan Sumber Daya Manusia Perusahaan Kualitas sumber Daya Manusi

Menanggapi persaingan global pada saat ini tentu saja harus memiliki unsur atau sarana yang memadai sebagai alat untuk antisipasi perubahan yang akan terjadi secara global. Yang dibutuhkan paling utama saat menyeimbangi perubahan global ialah kualitas yang ada pada sumber daya manusia.

Kualitas sumber daya yang ada tentu saja harus lebih ditingkatkan lagi melalui berbagai pelatihan dan pendidikan yang memadai. Terutama bagi sumber daya manusia yang pada akhirnya jenjang karirnya memiliki ruang lingkup berada di perusahaan. Tak terkecuali pada sumber daya manusia yang dihasilkan dari prodi ilmu manajemen.

Setiap lulusan dari ilmu manajemen pada dasarnya akan menempati posisi seorang manajer pada suatu perusahaan tertentu. Lalu apa pentingnya lulusan berkualitas ? tentu saja sangat penting setiap sumber daya manusia yang berperan sebagai pelaku dan pengolah perusahaan harus memiliki kemampuan, serta kecakapan yang dapat dijadikan suatu pedoman untuk menjalani perannya.

Karena perusahaan yang pada ukuran kecil maupun besar membutuhkan suatu manajemen sebagai dasar jalannya perusahaan. Manajemen merupakan suatu proses perencanaan, pengaturan serta pengorganisasian sebagai langkah awal pencapaian tujuan.

Bayangkan saja jika perusahaan memliki sumber daya manusia yang kurang ahli dalam menjalankan tugasnya, masa depan perusahaan hanya dapat diukur dengan jari saja. Hal tersebut akan mempengaruhi nilai dan hasil yang didapat dari perusahaan tersebut.

Latas apa pentingnya kualitas lulusan prodi ilmu manajemen untuk perusahaan ? lulusan dari ilmu manajemen diaggap telah mampu memberikan kontribusi kepada perusahaan, selain itu tujuan dari lulusan yang berkualitas adalah sebagai penjalan fungsi-fungsi dari manajemen itu sendiri. Oleh sebab itu saat perekrutan sumber daya manusia dilakukan dengan tahap dan metode yang selektif.

Pengertian Manajemen

Manjemen merupakan suatu sistem perencanaan, pengaturan dan pengorganisasian yang ada dalam suatu organisasi atau perusahaan dalam rangka mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Manajemen disebut juga sebagai roda kegiatan suatu organisasi, tanpa manajemen kegiatan yang ada dalam suatu organisasi tadi akan terbengkalai dan rancu. Oleh sebab itu dalam kegiatan dilakukan suatu tahap utama yaitu perencanaan yang matang, dengan tujuan agar mampu mencapi goals yang telah ditetapkan.

Fungsi Manajemen

pada hakikatnya fungsi manajemen sendiri tidak dapat dibatasi, akan tetapi secara teori ada lima fungsi penting dari manajemen. Adapun fungsi penting dari manajemen meliputi:

  1. perencanaan,
  2. Pengorganisasian,
  3. Staffing,
  4. Memotivasi,
  5. Pengawasan.

Pada tahap perencanaan tentu saja dibutuhkan perencanaan sebagai dasar pelaksanaan tercapainya sebuah tujuan organisasi atau perusahaan yang telah ditentukan. Selain itu dari perencanaan juga dapat dilakukan suatu prediksi berhasil atau tidaknya rencana tersebut.

Sedangkan dalam tahap motivasi manjemen juga memiliki fungsi untuk mendorong dan melahirkan suatu semangat atau kinerja yang optimal bagi pekerja atau pelaksana kegiatan. Bahkan jika fungsi manajemen berjalan dengan baik akan memunculkan motivasi dari dalam diri masing-masing pelaku.

Selain itu dalam melaukan pengawasan dilakukan pengukuran dengan tujuan-tujuan, menentukan sebab-sebab penyimpangan yang terjadi terhadap perencanaan, dan pada tahap ini diperlukannya suatu evaluasi serta solusi untuk kedepannya.

Demikian artikel yang membahas Sumber Daya Manusia Manajemen, Kualitas Sumber Daya Manusia, Fungsi Manajemen Perusahaan, Pengertian Manajemen. Semoga artikel yang Kami sajikan mampu memberikan manfaat terhadap perluasan wawasan Anda.