Mar 15

Tujuan Manajemen Tujuan Manajemen Pendidikan Tujuan Manajemen Pendidikan Manajemen Pendidikan1

Tujuan Manajemen~ Pernahkah anda mendengar kalimat  “mencerdaskan kehidupan bangsa” ? atau bahkan slogan “Pendidikan bukan suatu modal hidup namun sesuatu yang harus hidup”.

Yah, memang terkadang sebuah kalimat diciptakan, slogan dipaparkan tak lain ialah dengan tujuan agar membangkitkan semangat, merubah pemikiran bahkan menjadi suatu motivasi tertentu.

Sama halnya dengan pendidikan, dari pendidikan kita dapat membentuk suatu pemikiran maju yang nantinya dapat memberikan semangat dan memotivasi satu sama lainnya.

Dalam artikel kali ini Tesis Manajemen akan membahas seputar manajemen pendidikan, yang nantinya dapat dijadikan bahan acuan refrensi anda.

Jika kita membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia dapat kita lihat bahwa ari pendidikan sendiri berasal dari kata ‘didik’ dan mendapat imbuhan ‘pe’ dan akhiran ‘an’, maka kata ini mempunyai arti proses atau cara atau perbuatan mendidik.

Perubahan sikap serta tat cara berlaku yang baik dapat didapat dengan pendidikan yang baik pula. Oleh sebab itu pendidikan sangat berperan aktif dalam kehidupan sehari-hari.

Pendidikan sendiri dapat dijelaskan sebuah pengubahan tata cara sikap seseorang ke arah yang lebih baik sehingga dapat dikatakan sebagai kemajuan yang progress. Proses perubahan tadi dapat didapat memalui proses pengajaran yang dapat dilaksanakan di lembaga-lembaga pendidikan.

Manajemen sendiri merupakan suatu proses pengelolahan serta pengaturan yang dilakukan untuk seperangkat tujuan yang telah ditentukan, agar goals  tersebut dapat dicapai.

Dalam pengertian yang luas manajemen bersal dari kata kata to manage, dapat berarti suatu proses untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengendalikan organisasi dan semua perangkatnya untuk mencapai tujuan organisasi.

Sehingga jika dikaitkan dengan pendidikan, menajamen pendidikan memiliki pengertian yaitu sebagai suatu cabang ilmu yang nantinya akan dijadikan sebuah pedoman tersendiri untuk melaksanakan suatu pendidikan.

Melalui ilmu manajemen juga dapat dilihat bahwa kegiatan pendidikan menggambarkan sebuah variabel pemerintahan yang bertugas mengambil kebijakan tertentu untuk mengupayakan terjadinya pendidikan yang berkualitas.

Guru sebagai suatu profesi yang bertanggung jawab penuh terhadap pelaksanaan kegiatan belajar mengajar menuntut para guru untuk menciptakan sebuah kondisi yang harmonis antara peserta didik dan pendidik melalui manajemen pendidikan.

Setelah mengetahui bahwa guru merupakan komponen penting, sehingga dapat memberikan sumbangan secara maksimal bagaimana suatu sekolah atau lembaga pendidikan mencapai suatu yujuan yang tertentu. Mereka harus mengetahui peranan yang diharapkan dalam penyelenggaraan sekolah.

Tujuan pokok mempelajari manajemen pendidikan adalah untuk memperoleh cara, teknik, metode yang digunakan sebaik-baiknya sehingga sumber-sumber yang terbatas (seperti: tenaga, biaya dll) dapat dimanfaatkan secara efektif, efesien dan produktif untuk mencapai tujuan pendidikan.

Demikan artikel yang membahas mengenai Tujuan Manajemen Pendidikan, Komponen Pendidikan, Penegertian Manajemen Pendidikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagai bahan acuan refrensi anda.

Artiekel Yang Terkait: